Apa itu Backdoor? Pengertian Semuanya Sudah di Rangkum Disini Cek Yuk!

Apa itu Backdoor? Pengertian, Jenis dan Cara Penanganannya

Keamanan merupakan hal yang paling utama apabila anda mengelola sebuah sistem. Keamanan menjadi hal yang mutlak, dan harus dijadikan sebuah prioritas karena akan berhubungan dengan keselamatan dan keutuhan data dalam sebuah sistem. Salah satu ancaman keamana sebuah sistem adalah backdoor.

Lalu, apa itu backup dan bagaimana cara pencegahannya? Pada artikel ini, kami akan mengulas selengkapnya untuk Anda.

Apakah yang di maksud dengan backdoor website ?

Istilah backdoor ini memang sering digunakan untuk konteks meretas. Dalam meretas, backdoor adalah portal rahasia yang digunakan oleh peretas dan badan intelijen untuk mendapatkan akses gelap ke sebuah software, website, atau sistem komputer.


Apa itu backdoor?

Backdoor adalah software yang biasa digunakan untuk mengakses sistem tanpa harus melalui mekanisme yang umum digunakan seperti login. Dengan backdoor ini seseorang dapat mengakses ke sistem aplikasi anda tanpa harus login. Berikut contoh tampilan backdoor.


Pada awalnya, backdoor dibuat untuk mendapatkan akses khusus bagi developer atau programer untuk masuk ke sistem yang dibuat. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki apabila ada masalah atau bug pada sistem tersebut.

Namun seiring berkembangnya teknologi, backdoor yang sebelumnya merupakan sebuah solusi, kini justru dianggap sebagai salah satu celah yang berbahaya. Backdoor dapat disisipkan dalam sebuah baris code sebuah system, sehingga si pembuat backdoor dapat mengakses ke seluruh file di sebuah sistem atau aplikasi.

Tujuan backdoor Sesungguhnya

Secara garis besar tujuan dibuatnya backdoor adalah untuk memasuki sebuah sistem tanpa hak akses. Secara spesifik tujuan backdoor pada sisi webserver adalah sebagai berikut
  • Pencurian file pada website
  • Merusak fungsi sebuah website
  • Meletakkan file malware pada website
  • Melakukan serangan seperti DDOS
Yaps benar pada titik ini tujuan sesungguhnya untuk mengetes kerentanan oleh situs yang sudah di keker atau sudah di incar oleh para para bh (blackhack) yang tujuannya sudah pasti dia yang tahu tujuannya untuk apa!

Jenis backdoor

Secara garis besar jenis backdoor terdapat 2 jenis yaitu :

  • Web shell backdoor
    Web shell backdoor merupakan cara penanaman backdoor dengan menyisipkan sebuah script pada file website yang dapat digunakan untuk akses ke dalam file website tersebut dengan mengeksekusi sebuah file tertentu.
  • System backdoor
    System backdoor adalah cara penanaman backdoor yang banayak digunakan . Biasanya cara ini adalah dengan menanamkan sebuah file trojan pada sebuah sistem yang memerlukan authentikasi.
Cara pencegahan backdoor

Gunakan plugin dan themes original
- Update script atau CMS version
- Melakukan scan malware di hosting

Penanganan backdoor

Lalu bagaimana apabila website atau aplikasi sudah terlanjur terkena backdoor ? Cara penanganan pertama yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan pencarian letak script backdoor.

Apabila anda menggunakan OS linux, anda dapat menggunakan perintah grep untuk menemukan lokasi file backdoor. Mayoritas file backdoor biasanya menggunakan perintah passthru(), maka anda bisa coba menjalankan perintah berikut :

 >> grep -R passthru . <<

Silahkan menjalankan perintah tersebut dalam root folder website atau aplikasi yang anda buat. Setelah file ditemukan, silahkan menghapus script tersebut, dan melakukan perbaikan serta update pada file website atau aplikasi anda.

Itulah beberapa informasi tentang backdoor dan cara penanganannya, semoga bermanfaat bagi Anda untuk mengamankan website atau aplikasi yang dibuat. Salam sukses dari Blogger Indonesia.

BUKAN SEO PBN BOS! WKWK

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu cPanel dan bagaimana fungsikan sebuah cPanel dalam sebuah website kita?

Apa itu Backdoor 2017 ?