Apa itu cPanel dan bagaimana fungsikan sebuah cPanel dalam sebuah website kita?

Apa itu cPanel? Ini Pengertian dan Fungsinya dalam Website

cPanel atau control panel adalah tools yang wajib kamu pelajari ketika hendak mengelola website. Tools ini yang akan membantu kamu mengelola website dan melakukan konfigurasi lainnya.

Setiap membeli hosting, fasilitas yang pasti akan kamu dapatkan karena ini adalah cPanel. Sebab, cPanel termasuk panel standar yang biasanya digunakan untuk mengelola hosting dan domain. 

Untuk kamu yang baru membeli hosting dan hendak membangun website, sebaiknya pelajari lebih dulu apa itu cPanel hosting, fungsi cPanel dan fitur-fitur cPanel pada ulasan Dewaweb berikut ini!


Apa itu cPanel?

cPanel adalah sebuah panel kontrol berbasis Linux yang populer digunakan pada web hosting. Semua konfigurasi terkait domain, hosting, dan website dikelola dalam satu tempat ini.

Adanya cPanel membuat pengguna tidak harus memiliki skill khusus terkait pemrograman, karena semua hal dapat dilakukan melalui dashboard cPanel secara mudah. Link dashboard cPanel akan diberikan oleh provider ketika layanan hosting kamu sudah aktif. 

cPanel juga didukung dengan tampilan yang intuitif sehingga memudahkan pengguna baik pemula maupun non-pemula untuk mengelola website-nya mulai dari instalasi CMS, pengaturan email, membuat subdomain dan beberapa setting lainnya. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa fungsi cPanel yaitu mempermudah proses pengelolaan website dan hosting lewat dashboard khusus.

Bagaimana Cara Kerja cPanel?

Supaya lebih memahami pengertian cPanel, kamu juga harus tahu bagaimana cPanel bekerja. Secara sederhana, alur kerja cPanel dimulai dari web developer – cPanel – server – website.

Pertama, seorang web developer akan mengembangkan website. Pengembangan website dilakukan secara offline menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS, JavaScript, dan PHP. Selain itu, developer juga seringkali menambahkan desain menggunakan Adobe Illustrator atau Figma. 

Karena website masih offline, kita perlu membuatnya menjadi online yaitu dengan membeli domain dan hosting. Dengan begitu, situs bisa muncul di internet.

Setelah domain dan hosting sudah aktif, kamu akan mendapatkan fasilitas berupa cPanel. Pada cPanel inilah kamu bisa mulai melakukan perubahan dan mengatur website agar lebih siap tampil di internet.

Untuk mendukung hal tersebut, terdapat berbagai fitur pada cPanel yang bisa kamu gunakan. Diantaranya seperti File Manager, MySQL Database, FTP accounts, dan berbagai fitur lainnya.

Apabila website sudah dipublikasikan, kamu tetap akan menggunakan cPanel untuk memonitor performa dan resource hosting.

Bukan Seo PBN BOS!

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Backdoor? Pengertian Semuanya Sudah di Rangkum Disini Cek Yuk!

Apa itu Backdoor 2017 ?